Eri Pradiptya -1102415005
GOOGLE CLASSROOM
Metode
pembelajaran menjadi masalah klasik yang dihadapi siswa. Guru selalu
menggunakan metode pembelajaran yang tidak menarik sedang teknologi informasi
dan komunikasi telah berjalan dengan pesat. Bagi anda yang belum kenal dengan
sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi terutama pembelajaran online, mati
kita mulai mengenal istilah LMS (Learning Management System). Sebuah sistem
untuk mengelola proses pembelajaran, yang berisi sistem terintegrasi antara
model, materi, media hingga guru dan siswa yang tentunya dikembangkan terlebih
dulu. Banyak LMS yang dikembangkan oleh para developer software, seperti
Moodle, Edmodo, maupun website-website LMS seperti Quipperschool, Kelase dan
sebagainya. Tak terkecuali, perusahaan raksasa internet, -Google- juga memiliki
LMS gratis yakni Google Classroom.
Mulai
mengguankan pembelajaran berbasis teknologi informasi yang terangkum dalam
Learning Managemen System (LMS), akan memberikan pengalaman terbaik bagi guru
dan siswa saat melakukan kegiatan belajar mengajar. Model pembelajaran seperti
ini merupakan salah satu model pembelajaran inovatif berbasis e-learning.
Tentunya mendukung adanya efisiensi waktu maupun kampanye paperless.
Google
Classroom bisa didapatkan secara gratis dengan terlebih dahulu mendaftarkan
diri pada akun Google Application for Education. Anda dapat
mendaftarkan diri secara gratis untuk Dapatkan Produk Google. Salah
satunya adalah Google Classroom, Fasilitas e-mail dengan domain
sendiri,Google Drive, dan lain-lain. Akun Google Aplikasi for Education ini
sangat bermanfaat untuk pembelajaran secara online, dapat diperoleh secara
gratis serta dapat digunakan untuk perangkat apa pun. Salah satu kecanggihan
aplikasi ini adalah dapat digunakan secara bersama-sama dalam kelompok secara
kolaboratif.
KELEBIHAN
Menurut
(Alim, 2015) ada beberapa keuntungan yang kita dapatkan dari Google Classroom
dalam pemanfaatannya sebagai Learning Management System (LMS) menurut
1.
Proses setting yang cepat dan nyaman
Proses set
up pada Google Classroom sangat cepat dan nyaman jika dibandingkan harus
menginstall LMS lokal atau mendaftarkan ke provider LMS. Guru tinggal mengakses
aplikasi Google Classroom serta bisa memulai membagikan tugas-tugas dan bahan
ajar. Guru dapat melakukan ini dengan menambahkan daftar siswa atau
berbagi kode unik yang memungkinkan akses ke kelas pada Google
Classroom. Google Classroom lebih sederhana dan mudah untuk digunakan, sehingga
ideal bagi guru meskipun dengan tingkat pengalaman eLearning yang
beragam.
2. Hemat waktu
2. Hemat waktu
Peserta
didik tidak lagi harus men-download tugas yang diberikan guru. Guru pun tinggal
membuat dan mendistribusikan dokumen untuk peserta didik mereka secara online.
Guru juga dapat menentukan peringkat, memberikan umpan balik untuk semua tugas
dan melakukan penilaian menggunakan aplikasi Google Classroom. Dengan demikian,
ada potensi untuk menghemat sebagian besar waktu bagi keduanya, baik peserta
didik maupun gurunya. Semuanya dilakkan secara paperless,sehingga tidak
ada waktu yang terbuang untuk mendistribusikan dokumen fisik dan peserta didik
dapat menyelesaikan tugas mereka dengan tepat secara online, sehingga lebih
mudah bagi mereka untuk memenuhi deadline waktu yang diberikan dan belajar
secara online dapat disesuaikan dengan jadwal sehari-hari mereka.
3. Meningkatkan kerjasama dan komunikasi
3. Meningkatkan kerjasama dan komunikasi
Salah
satu manfaat paling penting dari menggunakan Google Classroom adalah
sangat dimungkinkan untuk melakukan kolaborasi online yang efisien. Guru dapat
mengirimkan pemberitahuan ke peserta didik mereka untuk memulai diskusi online
atau memberitahu mereka tentang kegiatan pembelajaran online tertentu. Di sisi
lain, peserta didik memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik kepada
rekan-rekan mereka dengan posting langsung ke aliran diskusi di Google
Classroom. Dengan demikian, jika mereka membutuhkan bantuan karena
kesulitas memahami suatu tugas atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang
topik tertentu, mereka bisa mendapatkan masukan langsung dari teman sekelas
virtual mereka. Pada dasarnya, Google Classroom meningkatkan aspek pembelajaran
sosial pendidikan online, yang memungkinkan peserta didik untuk mendapatkan
keuntungan dari pengalaman dan keterampilan rekan-rekan mereka.
4.
Penyimpanan data terpusat
Dengan
Google Classroom, semuanya berada dalam satu lokasi terpusat. Peserta didik
dapat melihat semua tugas-tugas mereka dalam folder tertentu, guru dapat
menyimpan bahan eLearning dan kegiatan untuk tahun ajaran secara cloud dan
semua peringkat / nilai dapat dilihat dalam aplikasi. Tidak perlu khawatir
tentang dokumen hilang atau penilaian hilang, karena itu semua tersimpan dalam
LMS yang gratis ini.
5. Berbagi sumber daya yang cepat
5. Berbagi sumber daya yang cepat
Fasilitator
online/guru dan pelatih memiliki kekuatan untuk berbagi informasi dan sumber
daya online dengan peserta didik mereka langsung. Daripada harus memperbarui
kursus eLearning atau mengirim email individu untuk setiap siswa, mereka
tinggal mengakses aplikasi Google Classroom dan mendistribusikan link
ke sumber daya online dan materi eLearning tambahan yang dapat menguntungkan
peserta didik mereka. Ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh
update tepat waktu yang berhubungan dengan pelajaran saat ini, sehingga mereka
dapat lebih memahami materi dan akses peralatan multimedia yang dapat
meningkatkan pengalaman eLearning mereka.
EFEKTIFITAS GOOGLE CLASS ROOM
Dikemukakan
oleh (Hakim, 2016) penggunaan Google Classroom tidak perlu melakukan proses
instalasi yang rumit, setelah seorang administrator melakukan setup account
Google yang dilengkapi dengan Google Apps for Education untuk sebuah sekolah,
maka pengajar dan pelajar bisa menggunakan Google Classroom dengan akun email
Google masing-masing. Hal tersebut menjadikan platform ini menjadi lebih mudah
dalam penyelanggaran kegiatan belajar mengajar. Dalam praktiknya 8 dari 10
siswa lebih nyaman menggunakan pembelajaran berbasis LMS dibadingkan
konvensional. Hal tersebut juga didukung oleh (Siradz, 2015) yang mengungkapkan
bahwa dalam dua minggu penggunaan, sudah mendeliveri empat tugas untuk setiap
kelas dengan efektivitas pencapaian materi dua kali lipat lebih padat dibanding
tidak menggunakan Google Classroom.
REFERENSI
Alim, M. N.
(2015). Pembelajaran Dengan Google Classroom. Retrieved from
Edupai.web.id:
http://www.edupai.web.id/2015/07/pembelajaran-dengan-google-classroom.html
Hakim, A. B.
(2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom, Dan
Edmodo. I-Statement, 2(1), 3.
Siradj, Y.
(2015). Kenapa Saya Menyukai Google Classroom. Retrieved from
http://yahdiinformatika.staff.telkomuniversity.ac.id/kenapa-saya-menyukai-google-classroom/
Manfaat dari penggunaan website eLearning sangat beragam dan signifikan. Dari akses global hingga efisiensi biaya dan pengembangan karir yang terukur, platform ini tidak hanya mengubah cara kita mendekati pendidikan, tetapi juga membuka pintu bagi inovasi dan inklusivitas dalam pembelajaran.
ReplyDeletefungsi website eLearning membentuk dasar dari transformasi pendidikan digital. Dari memberikan akses global dan kenyamanan belajar kapan saja, di mana saja, hingga memfasilitasi interaktivitas dan kolaborasi, website eLearning menjadi kekuatan utama dalam membentuk pendidikan masa depan.
Kelebihan website eLearning membawa pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Dari akses tanpa batas hingga fleksibilitas dalam menyajikan materi pembelajaran, platform ini mengubah cara kita memandang pembelajaran.