Skip to main content

CorelDraw


Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di OttawaKanada. Versi terakhirnya versi 15 yang dinamai X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. Corel Draw pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows  dan yang lebih baru. Versi Corel Draw untuk Linux dan Mac Os pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah. Versi CorelDRAW X5 memiliki tampilan baru serta beberapa aplikasi baru yang tidak ada pada CorelDRAW versi sebelumnya. Beberapa aplikasi terbaru yang ada, di antaranya Quick Start, Table, Smart Drawing Tool, Save as Template, dan lain sebagainya. Buat yang belum punya, silahkan  Download (Corel Draw X4) dan Download (KeyGen) .Berikut tool-tool dasar pada coreldraw X4:
1.      Shape Tools
a.       Shape Tool : Melakukan proses editing node pada shape( komponen garis dari obyek).
b.      Smudge Tool : Menggosok obyek sehingga merubah bentuk obyek yang digosok tersebut.
c.       Roughen Tool : Memberikan efek distorsi pada obyek.
d.      Transform Tool : Merotasi, membesarkan, mengecilkan, skewing image secara bebas.

2.      Crop Tools
a.       Crop Tool : Digunakan untuk menghapus objek diluar seleksi.
b.      Knife Tool : Pisau yang berfungsi untuk memotong obyek. Cara kerjanya persis seperti menggunakan pisau biasa.
c.       Eraser Tool : Menghapus bagian tertentu dari obyek.
d.      Virtual Segment delete tool : Menghapus segmen secara virtual
3.      Zoom Tools
a.       Zoom Tool : Membesarkan atau mengecilkan tampilan area kerja di monitor.
b.      Hand Tool : Menggeser area kerja ke posisi tertentu.
4.      Curve Tools
a.       Freehand Tool : Membuat obyek berupa garis bebas.
b.      Bezier Tool : Membuat obyek garis dengan menentukan banyaknya node.
c.       Artistic Media Tool : Membuat obyek garis dengan berbagai bentuk yang artistik.
d.      Pen Tool : Membuat obyek kombinasi antara garis lurus dan garis lengkung secara langsung.
e.       Polyline Tool : Membuat obyek kombinasi garis lurus dan freehand secara langsung.
f.       3-Point Tool : Membuat obyek garis dengan kurva 3 point.
g.      Connector Tool : Membuat obyek garis konektor secara interaktif
h.      Dimension Tool : Membuat obyek garis ukuran pada suatu obyek yang kita buat.



5.      Smart Tools
a.       Smart Fill : Untuk mewarna objek dan garis secara bersamaan sesuai dengan pengaturan.
b.      Smart Drawing : Membuat obyek garis secara bebas seperti freehand tool, namun dengan
c.       hasil yang lebih bagus.
6.      Rectangle Tools
a.       Rectangle Tool : Membuat obyek persegi panjang atau bujur sangkar.
b.      3-Point Rectangle Tool : Membuat obyek persegi panjang atau bujur sangkar dengan kemiringan tertentu.
7.      Ellipse Tools
a.       Ellipse Tool : Membuat obyek lingkaran atau elips.
b.      3-Point Ellipse Tool : Membuat obyek lingkaran atau elips dengan kemiringan tertentu.
8.      Object Tools
a.       Polygon Tool : Membuat obyek segi banyak.
b.      Star Tool : Membuat obyek-obyek bintang.
c.       Complex Star Tool : Membuat obyek-obyek bintang sudut banyak.
d.      Graph Paper : Membuat obyek menyerupai tabel.
e.       Spiral Tool : Membuat obyek spiral.
f.       Text Tool : Membuat obyek teks.
g.      Table Tool : Membuat tabel.




9.      Perfect Shape Tools
a.       Basic Shapes Tool : Membuat obyek-obyek dasar.
b.      Arrow Shapes Tool : Membuat obyek-obyek anak panah.
c.       Flowchart Shapes Tool : Membuat obyek-obyek flowchart.
d.      Banner Shapes Tool : Membuat objek-objek banner.
e.       Callout Shapes Tool : Membuat obyek-obyek callout (objek isi teks pada komik).
10.  Eyedropper Tools
a.       Eyedropper tool : Mengambil sampel warna dari suatu obyek.
b.      Paintbucket tool : Memberikan warna tertentu pada suatu obyek.
11.  Interactive Tools
a.       Blend tool : Memberikan efek transformasi dari satu obyek ke obyek lain.
b.      Contour tool : Memberikan efek kontur pada obyek.
c.       Distort tool : Memberikan efek distorsi pada obyek.
d.      Drop shadow tool : Memberikan efek bayangan pada obyek.
e.       Envelope tool : Memberikan efek perubahan bentuk pada obyek.
f.       Extrude tool : Memberikan efek tiga dimensi pada obyek.
g.      Transparency tool : Memberikan efek transparansi warna pada obyek.
12.  Interactive Fiil Tools
a.       Fill tool : Mewarna objek dengan macam-macam metode.
b.      Mesh fiil tool : Mewarna bidang pada objek.
13.  Outline Tools
a.       Outline color dialog : Memunculkan color outline tool.
b.      No outline : Menghilangkan outline.
c.       Hairline outline : Memberikan outlinedengan ukuran sangat kecil.
d.      ½ point outline : Memberikan ukuran outline½ poin.
e.       1 point outline : Memberikan ukuran outline1 poin.
f.       2 point outline : Memberikan ukuran outline2 poin.
g.      8 point outline : Memberikan ukuran outline8 poin.
h.      16 point outline : Memberikan ukuran outline16 poin.
i.        24 point outline : Memberikan ukuran outline24 poin.
j.        Color docker window : Memunculkan color docker windowuntuk outline.
k.      Fill color dialog : Memunculkan kotak dialog warna isi.
l.        Fountine fill dialog : Memunculkan kotak dialog warna gradasi
m.    Pattern fill dialog : Memunculkan kotak dialog pola.
n.      Texture fill dialog : Memunculkan kotak dialog tekstur.
o.      Postscript fill dialog : Memunculkan kotak dialog postscript.
p.      No fill : Menghilangkan warna isi.
q.      Color docker dialog : Memunculkan color docker window untuk warna isi.
14.  Tool edit gambar
a.       Weld : Digunakan untuk menggabungkan objek, warna akan berubah sesuai dengan objek terakhir terpilih.
b.      Trim : Digunakan untuk memotong objek yang menumpuk (pemotong adalah objekpertama/awal yang dipilih)
c.       Simplify : Digunakan untuk menyederhanakan objek menumpuk (hasil mirip trim),dengan simplify objek terseleksi lebih dari dua tidak menjadi masalah dengan hasil mirip trim. Sedangkan trim tidak bisa digunakan untuk opsi ini.
d.      Front Minus Back : Digunakan untuk memotong objek, objek pertama dipilih adalah bagian yang akan tetap ada, objek terpilih ke-dua akan dihilangkan.
e.       Back Minus Front : Digunakan untuk memotong objek, objek pertama dipilih adalah bagian yang akan dihilangkan, objek terpilih ke-dua akan tetap ada.
f.       Create new objek : Digunakan untuk membuat objek dari keseluruhan tepi objekterpilih.

Comments

Popular posts from this blog

Spesifikasi Komputer Multimedia Tahun 2010,2011,2012,2013

A. Spesifikasi Komputer Multimedia 201 0 Processor                 : I ntel Pentium E2200 Core 2 duo 2,2 Ghz Motherboard             : S oket LGA 775 seri MSI 945GCM7, ECS 945PT-A2, atau GIGABYTE GA-G31M-ES2L Memori                    : 1 GB DDR 2 VGA Card               : GeForce 7200 atau Radeon X 1550  H ardisk                    : WDC Blue 160 GB Optical                     : DVD-RW ROM P SU                         : 450w pure power Casing                      : SPC standar B. Spesifikasi Komputer Multimedia 2011 Processor                 : Intel Core 2 Duo 2,33 GHz Motherboard            : DDR3, PCI, SATA Memori                    : 2GB DDR3 VGA Card               : Asus GT 210 DDR3 H ardisk                    : WDC Blue 320GB Optical                     : Liteon DVD-RW P SU                         : 450w pure power Casing                      : SPC standar C. Spesifikasi Komputer Multimedia

Pengertian Dan Sejarah Animasi

Pengertian Animasi.       Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.      Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah gerakan. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi.      2.   Sejarah Animasi.        An

Sejarah Singkat Multimedia

    Multimedia kini sudah merambah diseluruh dunia, bahkan sulit di pisahkan dengan kehidupan kita. Banyak orang yang bertanya-tanya, sebenarnya awal mulanya itu seperti apa, nah sekarang saya akan membahas sejarah Multimedia. Langsung saja, Baca di bawah ini !!!     Multimedia berawal dari teater (pertunjukan panggung yang memanfaatkan lebih dari satu medium). tahun 1980-an ,sistem multimedia mulai merambah dunia,komputer antara lain diluncurkan hypercard (1987-oleh Apple), AVC : Audio Visual Connection (1989- Oleh IBM) , Adhapter Card (1989 - Oleh PS/2).     Pada tahun 1994 sistem multimedia dipasarkan sudah mencapai 700 produk lebih. Dengan sistem multimedia komputer user dpat membuat foto,video bergerak,animasi,sekaligus dengan stereo. Para pendukung multimedia menyatakan bahwa jika media diberbagai indera dikombinasikan maka efek yang dihasilkan melebihi pejumlahan bagian-bagiannya.     Pengembangan sistem multimedia sekarang sudah bersifat interaktif sehingga memungkin